Posts

LOGIKA PEMROGRAMAN DASAR

                 Bagi orang yang berkecimpung di dunia pemrograman, tentu sudah tidak asing lagi dengan logika dan  algoritma pemrograman . Apalagi bagi developer yang sudah ahli, logika pemrograman dasar sudah menjadi sesuatu yang akrab baginya. Begitu juga algoritma pemrograman, tentu sudah menjadi makanan sehari-hari.Logika dan algoritma pemrograman merupakan sesuatu yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan saat digunakan untuk membangun sebuah produk dengan menggunakan bahasa pemrograman. Logika dapat digunakan untuk memecahkan masalah pemrograman yang sedang dihadapi, sedangkan algoritma akan membuat permasalahan tersebut terselesaikan secara runtut sesuai alur yang seharusnya.         Oleh karena itu, seorang pemula tentu harus  berlatih kedua hal tersebut dengan tepat , temasuk di dalamnya berlatih untuk mengolah logika pemrograman dasar untuk mengembangkan sebuah program melalui penyelesaian perma...

PENEMU ANDROID

Image
Profil dan Biografi Andy Rubin.  Ia lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat. Dia dikenal sebagai  Penemu dari  Android   OS  yang merupakan sistem operasi yang banyak digunakan di smartphone saat ini. Sejak kecil, Rubin sudah terbiasa melihat banyak gadget baru. Ini karena ayahnya, seorang psikolog yang banting setir ke bisnis direct marketing, menyimpan produk elektronik yang akan dijualnya di kamar Rubin. Ia memiliki minat besar pada segala hal yang berbau robot. Di Carl Zeiss A.G., tempat pertama kali ia bekerja setelah lulus kuliah, Rubin ditempatkan di sebuah divisi robotika, tepatnya pada komunikasi digital antara jaringan dengan perangkat pengukuran dan manufaktur. Setelah dari Carl Zeiss, ia sempat bekerja di bidang robot di sebuah perusahaan di Swiss. Karier Rubin di bidang robotika nampaknya semakin cerah, namun hidupnya berubah gara-gara liburan di Cayman Island pada tahun 1989. Saat sedang mengunjungi kepulaua...

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Image
            Bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk menunjang kemajuan. Bagi pembaca yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, hal dasar yang harus dipahami adalah algoritma pemrograman tersebut. Untuk mengerti apa itu algoritma pemrograman, silahkan simak pembahasan di bawah ini. Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika ki...

BAHASA PEMROGRAMAN

                Bahasa pemrograman , atau sering diistilahkan juga dengan  bahasakomputer  atau  bahasa pemrograman komputer , adalah instruksi standar untuk memerintah  komputer . Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan  sintaks  dan  semantik  yang dipakai untuk mendefinisikan  program komputer . Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis  langkah  apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis. Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari: Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110 Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris  Assembly ), yaitu memberikan perintah kepada ...

HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER DAN BRINWARE

Image
Hardware (Perangkat Keras)  : Suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni : Perangkat Input (Masukan)  : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain. Perangkat Proses  : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor. Perangkat Output (Keluaran)  : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya. Macam-macam Perangkat keras: 1. CPU (Central Processing Unit) Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yan...