ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN




pengertian algoritma pemrograman
           Bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk menunjang kemajuan. Bagi pembaca yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, hal dasar yang harus dipahami adalah algoritma pemrograman tersebut. Untuk mengerti apa itu algoritma pemrograman, silahkan simak pembahasan di bawah ini.
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.
1. Sejarah Singkat Algoritma 
Algoritma ditemukan oleh seorang ilmuan timur tengah jaman peradaban islam bernama Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi (780-850 masehi) dan kata Algoritma (inggris: Algorithm) menurut sebagian ilmuan belakangan diambil dari namanya yakni Al-Khwarizmi . Dintinjau dari bahasa, Algoritma berasal dari kata algorism yang artinya perhitungan dalam angka arab namun para ahli sejarah kesulitan menemukan asal-usul istilah ini sampai akhirnya mereka menemukan bahwa Algorithm/Algoritma berasal dari nama penemunya seperti disebutkan diatas. 
Al-Khwarizmi Juga dikenal sebagai penemu Aljabar atau Algebra dan juga beliau ini adalah seorang ahli Astronomi dimasanya. 
2. Pengertian Algoritma 
Algoritma secara singkat dapat didefinisikan sebagai Langkah-langkah Sistematis dan Logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan konsep Algoritma maka suatu permasalahan harus diselesaikan secara Sistematis, Logis dan bisa diuji benar atau salahnya. 
Karena Algoritma adalah sebuah konsep, maka tentu setiap orang bisa mempunyai Algoritma yang berbeda-beda terhadap masalah yang sama. Contoh ada suatu permasalahan X dan solusinya adalah Y, maka tiap orang bisa mendapatkan Y dengan Algoritma mereke masing-masing, tidak harus sama akan tetapi menghasilkan output yang sama yaitu Y. 
Pada prakteknya penerapan Algoritma haruslah efisien. Efisien disini artinya Cepat, Tepat dan Simple. Seperti kasus membuat Software komputer, Software yang dibuat dengan Algoritma yang baik akan menghasilkan software yang efisien, tidak banyak bugs dan tidak makan banyak memory yang tidak perlu misalnya. 
Penyajian Algoritma biasanya tertuang dalam bentuk PseudocodeFlowchart, dan Diagram-diagram. 
Contoh kita ingin membuat Aplikasi utk menghitung Luas segitiga. Maka Algoritma nya dapat ditulis sbb:
  1. Input panjang alas nya
  2. Input panjang tinggi nya
  3. masukan rumus matematikanya : 1/2 x alas x tinggi
  4. Tampilkan hasilnya
  5. selesai
Algoritma diatas lalu ditulis kedalam bahasa pemrograman seperti ( C, C++, java, Python, PHP, dsb) sesuai kebutuhan . 
misal dalam PHP 
function luasSegitiga($alas, $tinggi) {
    $luas = 1/2 * $alas * $tinggi;

    return $luas;
}

$alas = 4; 
$tinggi = 5; 

echo luasSegitiga($alas, $tinggi);
3. Pemrograman 
Pemrograman adalah proses membuat suatu Program dengan Algoritma + Bahasa Pemrograman. Sebuah Software hanya bisa terwujud jika dibuat dengan Algoritma dan Bahasa Pemrograman. 
Langkah-langkah yang dilakukan dalam pemrograman yang umum adalah :
  • - Definisikan Masalah
  • - Mengumpulkan kebutuhan (requirement)
  • - Buat Algoritma dan Struktur Cara Penyelesaian
  • - Menulis Program dengan bahasa pemrograman
  • - Testing dan Verifikasi Program
  • - Implementasi/Instalasi Program
  • - Dokumentasi Program
  • - Pemeliharaan Program
Kita bisa memilih Bahasa Pemrograman apa saja yang kita mau dan kuasai. Namun tentu tidak semua bahasa pemrograman cocok dengan permasalahan yang ada dan kita wajib mencari tahu manakah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita. 
Contoh untuk membuat App Android kita bisa pilih bahasa pemrograman Java, untuk App iOS kita pakai Swift dan Objective-C, untuk Website kita bisa pakai PHP atau Javascript, membuat games bisa pakai C++ dsb. 

Dalam membangun aplikasi (Software Engineering), metoda yang umum digunakan adalah Waterfall,AgileScrumExtreme ProgrammingRapid Application Development Methodology dan Spiral. Saya sendiri senang dengan Scrum namun terkadang masih pakai Waterfall.

Comments

Popular posts from this blog

PENULISAN ALGORITMA

SEJARAH ALGORITMA

data dalam bentuk histogram